Negara Negara yang Tidak Diakui

     Sebuah wilayah dapat dinyatakan sebagai negara apabila mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional. Termasuk negara kita,Indonesia. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945,dan sudah medapatkan pengakuan dari dunia Internasional. Maka dari itu, Indonesia berhak dinyatakan sebagai sebuah negara. Yang merdeka,berdaulat,dan memiliki pemerintahannya sendiri.

     Kali ini,saya akan membahas beberapa wilayah yang secara de facto berada dalam wilayah suatu negara ,dan secara de facto pula,wilayah wilayah tersebut telah mengakui kemerdekaanya. Namun,keberadaannya tidak diakui oleh Dunia Internasional. Wilayah wilayah tesebut adalah :

1. Ossetia Selatan / Республикæ Хуссар Ирыстон (Respublikae Xussar Iryston)

Pernahkah anda mendengar nama Ossetia Selatan ? Namun anda tidak tahu,apa Ossetia Selatan itu.

     Ossetia Selatan adalah sebuah wilayah seluas 3.900 km2 yang berada di dalam wilayah Georgia. Ossetia Selatan secara de facto telah  menyatakan kemerdekaannya, namun kemerdekaan tersebut tidak diakui oleh Georgia,dan juga Dunia Internasional . Dan Georgia mengklaim bahwa Ossetia Selatan tetap berada dalam wilayah kedaulatannya. Walaupun begitu, Russia adalah satu satunya negara yang mengakui keberadaan Ossetia Selatan. Russia mengakui keberadaan Ossetia Selatan pada tanggal  26 Agustus 2008.



2. Abkhazia / Аҧсны (Apsny)


     Abkhazia adalah sebuah wilayah seluas 8.600 km2 yang berada di dalam  wilayah Georgia juga. Abkhazia, secara de facto juga telah merdeka,namun sama seperti Ossetia Selatan. Kmerdekaannya tidak diakui oleh Geogia dan Dunia Internasional. Sama seperti Ossetia Selatan pula, Abkhazia hanya diakui oleh Russia pada taggal 26 Agustus 2008



3. Naogorno Karabakh / Լեռնային Ղարաբաղ ( Lernayin Gharabagh )

Naogrno Karabkh adalah sebuah wilayah yang berada di perbatasan antara Armeia dan Azerbaijan. Wilayah ini sebenarnya termasuk dalam kedaulatan Azerbaijan. Wilayah ini didominasi oleh etnis Armeia,dan dikuasai oleh militer Armenia. Nagorno Karabakh memroklamasikan kemerdekaannya pada 10 Desember 1991 dari Azerbaijan,namun juga tidak diakui  oleh Dunia Internasional. Namun,jika Nagorno Karabakh digabungkan,mereka hanya ingin bergabung dengan Armenia.


4. Chechnya / Нохчийн Республика( Noxçiyn Respublika )

Chechnya adalah sebuah konstituen Russia. Setelah Uni Sovyet bubar,sekelompok pemberontak menhatakan bahwa mereka adalah negara sendiri. Namun,hingga tahun 2004 tidak ada satupun negara yang mengakui kemerdekannya.


Mungkin keempat negara di atas,hanya sebagian kecil dari negara negara yang hingga kini belum jelas statusnya,atau sudah merdeka namun tidak diakui oleh Dunia Internasional. Bersykurlah kita,tinggal di Indonesia, dan berstatus kewarganegaraan Indonesia. Wilayah kita jelas, batas batas dengan negara lain juga jelas. Kita diakui oleh Dunia Internasional. Coba kalau kita tinggal di Ossetia Selatan misalnya. Kita akan bingung. Kita sudah merdeka,tetapi kok tidak diakui oleh negara lain ? Kita ini ada di mana sih ? Ossetia Selatan atau termasuk di dalam Georgia.

-maaf apabila ada kesalahan informasi yang telah saya berika dalam artikel ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSLIHAT

يا إسرائيل